Penelitian Kolaboratif antara Dosen dan Mahasiwa S2 Pendidikan Agama Islam

Penelitian Kolaboratif antara Dosen dan Mahasiwa S2 Pendidikan Agama Islam https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tarbawi/article/view/18804

Penelitian kolaboratif antara dosen dan mahasiswa dengan judul “Character Ambiguity: Searching for New Approach to Islamic Education Textbooks”, yang diterbitkan di jurnal Al-Tarbawi Al-Haditsah terakreditasi SINTA 2, merupakan wujud nyata sinergi akademik dalam mengembangkan inovasi pemikiran di bidang pendidikan Islam. Karya ilmiah ini merupakan hasil kerja sama antara Dr. Akhmad Affandi, M.Ag selaku dosen pembimbing, dan tiga mahasiswa yaitu Nurun Nufus, S.Pd, Zahira Jannataini, S.Pd, serta Nida Wafa Nabilah, S.Pd. Penelitian ini mengeksplorasi ambiguitas karakter dalam buku teks pendidikan Islam serta menawarkan pendekatan baru yang lebih relevan dengan kebutuhan pembelajaran masa kini. Publikasi ini tidak hanya memperkuat budaya riset di lingkungan akademik, tetapi juga membuktikan bahwa kolaborasi dosen dan mahasiswa dapat menghasilkan kontribusi ilmiah yang diakui secara nasional dan berdampak pada pengembangan kurikulum pendidikan Islam di Indonesia.
Keberhasilan penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi teoretis terhadap pengembangan buku teks pendidikan Islam, tetapi juga menjadi model kolaboratif yang inspiratif antara dosen dan mahasiswa dalam ranah penelitian ilmiah. Melalui keterlibatan aktif mahasiswa dalam seluruh tahapan riset, mulai dari studi literatur, observasi lapangan, hingga penyusunan artikel ilmiah, mereka mendapatkan pengalaman akademik yang kaya dan aplikatif. Publikasi dalam jurnal Al-Tarbawi Al-Haditsah yang terakreditasi SINTA 2 menjadi bukti bahwa hasil pemikiran kolaboratif dapat bersaing secara nasional, sekaligus mendorong tumbuhnya iklim akademik yang produktif dan kolaboratif di lingkungan perguruan tinggi.

Scroll to Top